Senin, 06 Juni 2011

Apa Saja yang Mau Dipelajari untuk Berbahasa Mandarin

Selamat malam J

Hari ini kita akan bersama-sama belajar mengenai apa saja yang mau kita pelajari. Lho, bukannya sudah pasti Bahasa Mandarin? Betul, sih… Tapi Bahasa itu ‘kan banyak ruang lingkupnya, secara sederhana terdiri dari: 
  1. Cara Berbicara (pelafalan)
  2. Cara Membaca Aksara Mandarin (termasuk di dalamnya pinyin)
  3. Cara Menulis Aksara Mandarin
  4. Cara Mengerti Tata Bahasa
  5. Cara Membuat Kalimat

Oh MG, secara sederhana saja sudah lima… Kalau secara tidak sederhana sebanyak apa coba. Bisa gak ya, aku berbahasa mandarin? Tenang saja, ikuti terus blog Konsisten Belajar Bahasa Mandarin ini, tidak dijamin pasti bisa (loh, kok tidak dijamin. Ya iyalah…Kalau mau jaminan, tergantung niat, usaha, belajar keras, dan konsisten. Tidak bisa instan – emang mie apa..PeaceJ)

Baiklah, sekarang kita mulai dari Cara Berbicara. Kenapa? Karena cara bicara Bahasa Mandarin tidak sama dengan Bahasa Indonesia. Hal ini tidak lepas dari cara membaca pinyin, jadi saya ralat, kita belajar Cara Berbicara dan Cara Membaca dua-duanya sekalian, sekaligus dua. Mantap 'kan.

Sebelumnya, dari tadi saya sudah beberapa kali ketik “pinyin,” sebenarnya apa sih artinya. Pinyin (lengkapnya: Hanyu Pinyin) adalah sistem romanisasi bahasa mandarin (notasi fonetis dari aksara mandarin ke aksara latin – Wikipedia Indonesia). Secara sederhana berarti aksara mandarin yang dilatinkan (ada “a b c”-nya) yang sudah diresmikan penggunaannya, agar orang asing bisa lebih mudah belajar Bahasa Mandarin. Coba kalau tidak ada tulisan “a b c”-nya, seperti: 你认识这个字吗?bagaimana bacanya, hayoo. Pinyin memudahkan membaca aksara-aksara tersebut. Pinyin-nya: nǐ rèn shí zhè gè zì ma Bagaimana? Lebih bisa dibaca dibandingkan aksara mandarin tok, ‘kan?

Jadi, dengan menguasai Pinyin (tidak wajib. Tapi kalau sama sekali tidak bisa baca aksara mandarin, wajib hukumnya), kita bisa membaca semua kata-kata dalam aksara mandarin. 
Dewasa ini, penerbitan kamus baik media kertas maupun elektronik, menggunakan pinyin untuk memudahkan membaca aksara mandarin. Jadi kalau sedang memperdalam (misalnya menargetkan menghapal 1000 aksara Mandarin) dalam satu bulan, dengan dasar penguasaan pinyin, hal tersebut bukan mission impossible.


Mari berjoeang!


--Wujudkan Janji bersama mewujudkan Sukhawati---

2 komentar: