Sabtu, 11 Juni 2011

Fonetik Bahasa Mandarin (Tionghua) Bagian 2

Selamat Malam :)

Beberapa hari ini sibuk banget, jadi tidak sempat buat. Malam ini baru sempat buat. Ini pun jam 3 pagi. Jadinya selamat malam atau selamat pagi ya? Hm.. Yang penting Anda mengerti aja deh :D

Mari kita lanjutkan.

声调 Nada:

Ada Empat Nada yang pasti akan digunakan, yaitu:
Nada pertama (1)
Nada kedua (2)
Nada ketiga (3)
Nada keempat (4)

Jadi dalam berbicara Bahasa Mandarin, tidak bisa seperti Bahasa Indonesia, cas cis cus, tetapi ada intonasinya. Beda intonasi (nada), walaupun hurufnya sama, artinya akan berbeda. Nah loh... Mau bukti?
Contoh:


 ibu
m á rami
kuda
memaki

Jadi silakan berhati-hati dalam berbahasa.

Setelah saya pelajari, cara mudah melafalkannya seperti ini:

Nada satu: coba kita ambil bernyanyi nada “sol (music do re mi fa sol)” selama dua detik. Satu, dua, mulai, Soooooool… Bisa ‘kan? Sekarang coba katakan “ma” dengan nada yang sama. Maaaaa… Selamat, Anda sudah berhasil mengucapkan kata ibu dalam Bahasa Mandarin. Wow, luar biasa. Ternyata melafalkan itu mudah.

Nada dua: bayangkan sewaktu ada teman memanggil nama Anda dari belakang, dan kita menengok ke belakang sambil menyahut: “hah…?” Tepat seperti itu, dari nada kekuatan tengah ke tinggi, persis seperti kita menyahut teman yang memanggil nama kita, “Hah…?” Ingat, untuk memastikan, sambil berkata “hah?” sentuh hidung Anda, jika ada getaran di hidung, berarti pelafalan Anda sudah tepat.

Nada ketiga: ehm.. agak susah jelasin lewat kata-kata. Tetapi coba ucapkan kata Bahasa Inggris, pardon. Oke, sekarang ucapkan lagi tetapi dengan lebih lambat, paaardon. Apa Anda merasakan nada yang keluar dari mulut menurun kemudian naik ke nada yang lebih tinggi? Jika ya, selamat! Anda baru saja melafalkan dengan nada keempat. Jika tidak, coba ucapkan pardon dengan lebih lambat lagi. Sekarang, ucapkan . Selamat sekali lagi. Anda berhasil mengucapkan “kuda” dalam Bahasa Mandarin.

Nada keempat: Ini mudah. Cukup dengan hentakan, seperti, “YA!” Lantangkan suara Anda (untuk belajar di awal dan membiasakan diri, Anda bisa “teriak sedikit”). Coba katakan, Tepat sekali!
Hari ini, Anda semua memang luar biasa (dan juga saya tentunya, hehehe). Sudah bisa mengucapkan Empat nada dalam Bahasa Mandarin. Berikutnya tinggal menggabungkan nada-nadanya sehingga menjadi untaian lagu yang romantis… Loh.. maaf, agak melantur. Dah mau jam 4, mau istirahat dulu. Besok kita lanjut lagi.


Mari Berjoeang!

--Wujudkan Janji bersama mewujudkan Sukhawati---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar